Pengertian Flashing, Penting Enggak si Flashing untuk HP Android.?

Apa itu Flash.?

Flash atau flashing adalah sebuah proses menginstall kembali sistem operasi pada perangkat android agar kembali seperti semula atau baru.

Untuk melakukan proses flashing ini kalian bisa menggunakan ROM atau Custom ROM android yang sesuai dan kalian juga bisa melakukan flash ROM lewat CWM.

Setiap proses flashing tidak semuanya berjalan dengan lancar, kalian harus memastikan bahwa ROM yang kalian pilih sudah sesuai dengan smartphone yang hendak kalian flash ulang.

Karena jika sampai terjadi kegagalan dalam proses ini, maka bisa jadi smartphone kalian akan mengalami bootloop.

Saran dari kami untuk  melakukan flashing pada smartphone sebaiknya kalian menggunakan PC serta menggunakan program seperti misalnya Odin, Flashtool, atau Mi Flash.

Setiap masing-masing program hanya bisa digunakan untuk salah satu merk smartphone saja. Jadi jangan lupa untuk menyesuaiakn HP mu dengan program untuk flash nya ya guys.

Nah, untuk firmware  yang digunakan dalam proses flashing kalian bisa menggunakan stock ROM atau firmware resmi dari setiap vendor smartphone kalian, atau kalian bisa juga memakai custem ROM.

Untuk praktek lebih lanjut tentang flashing HP kalian bisa baca di AESA-GFRAS.NET, karena disana ada beberapa tutorial flashing smartphone dari berbagai jenis merek smartphone.

Kelebihan Saat Melakukan Flashing

  1. Meningkatkan Performa Smartphone

Keuntungan yang akan kalian rasakan saat berhasil melakukan flashing adalah menjadikan smartphone kalian menjadi seperti baru lagi. Dan pastinya hal ini akan meningkatkan performa dari smartphone android mu.

  1. Memusnahkan virus

Pastinya kalian pernah menemui satu virus bandel yang berulang kali sudah di hapus akan tetapi masih saja ad dan susah untuk dihilnagkan.

Maka untuk memusnahkan atau menghilangkan virus bandel tersebut adalah dengan melakukan flashing pada smartphone android.

Kekurangan Flash ROM

  1. Bootloop

Jika proses flashing yang kalian lakukan mengalami kegagalan, maka hal yang positif terjadi pada smartphone kalian adalah bootloop.

Kegagalan dalam proses flashing ini biasanya terjadi karena kesalahan dalam memilih firmware yang tidak sesuai dengan smartphone.

Lalu penting gak sih flashing itu.?

Jika kalian bertanya penting atau tidak maka jawabanya adalah “tergantung kalian para user/pengguna smartphone”.

Pasalnya dengan resiko yang lumayan berat ini kalian harus memperhatikan seberapa urgen nya sampai kalian harus melakukan flashing pada smartphone.

Ok cukup sekiap pelajaran dari kami tentang apa itu Flashing dan penting enggaknya. Semoga bermanfaat dan terimkasih sudah berkunjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *