Pengertian Root dan Manfaat Root Pada Smartphone Android

Selain pengguna smartphone yang semakin meningkat, kini aktifitas mereka dalam penggunaan smartphone pun semakin meningkat.

Termsuk salah satu aktifitas yang sering sekali dilakukan oleh para pengguna smartphone adalah melakukan Rooting pada smartphone mereka. Mungkin kata root atau rooting sudah sering sekali kalian dengar, namun ternyata kalian belum tau apa makna dari kata root tersebut.

Nah, di kesempatan ini admin akan mengulas tentang pengertian root dan manfaatnya untuk smartphone. Untuk itu simak artikel ini samapi akhir ya guys.

Pengertian Root

Apa itu root..?

Kata root sudah pasti tidak asing lagi di telinga kita, namun tidak sedikit orang yang belum mengerti apa sebenarnya root pada smartphone android itu sendiri.

Root atau rooting adalah suatu proses memasukkan file superuser ke dalam HP dimana file tersebut dapat memberikan izin kepada user biasa (pengguna) dapat mengakses inti sistem serta menguasai dari sistem operasi dari smartphone android milik nya.

Singkatnya root adalah sebuah proses mengizinkan user untuk mendapatkan akses lebih pada smartphone, seperti misalnya menambah atau menghapus dan melakukan hal-hal lainnya tanpa batas.

Saat smartphone android kalian sudah di root, maka kalain bebas melakukan atau mengakses apapun atau simpelnya kalian bisa bertindak sebagai administrator yang ada dalam sitem smartphone milik kalian sendiri.

Dengan melakukan root, maka kalian akan mendapatkan beberapa kelebihan pada smartphone milikmu.
Mau tau apa saja kelebihan dari smartphone android yang sudah di root.?

Berikut ini adalah kelebihanya:

Kelebihan Smartphone Android yang sudah di Root

1. Bisa menghapus aplikasi bawaan

Poin pertama ini mungkin bisa jadi alasan mengapa orang-orang banyak melakukan rooting pada samrtphone nya.
Pasalnya setelah kita berhasil melakukan root, kita bisa menghapus beberapa aplikasi bawaan yang kita rasa tidak penting dan hanya menghabisakan ruang memori internal dan RAM yang ada pada smartphone android.

2. Mengubah tema android

Alasan kedua mengapa mereka melakukan rooting adalah karena nantinya mereka bisa mengubah tema android sesuai dengan keinginannya masing-masing.

3. Mengedit aplikasi yang sudah terinstall atau backup atau restore aplikasi

Ketika smartphone kalian sudah di root, maka kalian bisa melakukan backup dan recovery boot images. Tidak hanya itu kalian juga bisa melakukana penambahan aplikasi berbasis linux library.

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Dengan semua kelebihan yang menggiurakan dari keberhasil melakukan root pada smartphone, maka kalian harus siap menerima resiko (kelemhan) yang akan terjadi pada smartphone mu.

Beriktu ini adalah kelemahan atau kekurangan smartphone setelah di root:

Kekurangan Root

1. Hilangnya garansi

Saat kalian berhasil melakukan root, maka kalian harus siap menerima bahwa smartphone kalian akan kehilangan garansi.

Sekalipun kalian bisa melakukan unroot kembali, tetap saja pihak vendor dari smartphone kalian akan bisa mengetahui dan membedakan antara HP yang sudah pernah di root maupun belum.

2. Tidak bisa update sistem operasi langsung

Kalian tidak akan bisa update OS langsung dari smartphone, pasalnya saat kalian melakukan proses rooting ada beberapa file bawaan yang akan terhapus.

Bagaimana, masih beminat untuk melakukan rooting pada smartphone mu..?

Sebelum kalain memutuskan untuk melakukan rooting, ada baiknya kalian renungkan terlebih dahulu akibat dari setelah smartphone kalian di root.

Kehilangan garansi bisanya akan mengurangi harga jual dari smartphone kalian saat kalain sudah bosan menggunakannya.

Untuk itu bersikap bijaklah sebelum mengambil keputusa.

Ok.

Sepertinya cukup sampai disini penjelasan dari kami mengenai apa itu root serta manfaatnya. Semoga menjawab ketidak tahuan kalian mengenai makna dari rooting.
Dan terimakasih sudah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *